Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Memilih Produk BSI Tabungan Easy Wadiah (Studi Kasus Nasabah BSI di Kabupaten Tanah Datar)

Mona Birasukma, Dini Indrawati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan nasabah BSI di Kabupaten Tanah Datar memilih produk BSI tabungan easy wadiah dengan menggunakan empat faktor yaitu gaya hidup syariah, keunggulan produk, lokasi, dan promosi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software IBM SPSS version 24. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa faktor gaya hidup syariah, keunggulan produk, lokasi, dan promosi baik secara parsial maupun secara simultan berpengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan nasabah BSI di Kabupaten Tanah Datar memilih produk BSI tabungan easy wadiah.

Keywords


Keputusan Nasabah, Gaya Hidup Syariah, Keunggulan Produk,Lokasi, Promosi, Tabungan Easy Wadiah

References


Aisyah, B. N., Yuliani, N. A., Amelia, E., & Nasiroh, F. (2020). Pelarangan Riba dalam Perbankan : Impact pada Terwujudnya Kesejahteraan di Masa Covid-19. Jurnal Imara, 4(1), 1–10.

Annual Report BSI 2021. (2022). Jakarta Selatan. bankbsi.co.id. (n.d.). BSI Tabungan Easy Wadiah. Retrieved November 24, 2022, from

bankbsi.co.id website: https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/produk/bsitabungan-easy-wadiah

bps.go.id. (2022). Jumlah Penduduk Bekerja Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2019-2021. Retrieved from

https://tanahdatarkab.bps.go.id/indicator/6/339/1/jumlah-penduduk-bekerja- menurutkelompok-umur-dan-jenis-kelamin.html

Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Undip.

Identiti, Suryadi, N., Rimet, & Museliza, V. (2021). Pengaruh Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Busana Muslimah Di Kota Pekanbaru (Studi Kasus Industri Fashion Busana Muslimah Di Kota Pekanbaru ). Jurnal Al-Iqtishad, 17(1), 59–78

Kornitasari, Y., Safitri, I. W., Wanakusuma, I., & Safitri, D. I. (2022). Peramalan Pertumbuhan Bank Syariah Indonesia Pasca Kebijakan Merger. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1470–1478.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.

Kurnia, J., Isa, M., Siregar, B. G., & Batubara, D. (2020). The Effect Of Brand Equity, Promotion and Services On Customer’s Decision To Use Sharia Bank In Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan Market. POINT: Journal Sharia of Banking, 1(2), 09–17.

Maizar, Mustika, I., & Nabella, S. D. (2022). Pengantar Statistik 1. Bandung: Media Sains Indonesia.

Maylina, D., & Mulazid, A. S. (2018). Analisis Pengaruh Service Quality, Customer Relationship Management Dan Keunggulan Produk Tabungan Terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank BRI Syariah. Islamadina, 19(1), 89–106.

Nasution, Y. S. J., Arif, M., & Siregar, S. Z. (2022). Pengaruh Inflasi , Suku Bunga dan NPF Terhadap Pendapatan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 1699–1708.

Nugraheni, P., & Widyani, F. N. (2021). A Study of Intention to Save in Islamic Banks: The Perspective of Muslim Students. Journal of Islamic Marketing, 12(8)

Nur’aeni, Fitriani, I., & Syamsul, E. M. (2020). Citra Merek , Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Tabungan Mabrur. Maro; Jurnal Ekonomi Syariah Dan Bisnis, 3(2), 115–121.

Nurika, Y., Ibnu, A. R., & Aziz, I. A. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Keunggulan Produk, dan Penerapan Nilai Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat (Studi Pada PT.BSI Kuala Tungkal, Jambi). Jurnal Nisbah, 7(2), 98–105.

Nurmaeni, R., Hasanah, S., & Widowati, M. (2020). Analisis Pengaruh Hedonisme, Religiusitas, Motivasi, dan Promosi terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Pt Bank Bri Syariah, Tbk Kantor Cabang Pembantu Majapahit) Semarang). Jurnal Tabarru: Islamic Banking and Finance, 3(2), 303–312.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: Deepublish.

Sinaga, A., Alam, A. P., Harahap, M. A., Agustina, M., & Wirdany. (2020). Pengaruh Marketing Mix terhadap Keputusan Nasabah untuk Menabung pada PT Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Stabat. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 3(2), 210–232.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, H., & Yusran, M. (2021). Analisis Faktor Penentu Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Bank Syariah Di Kabupaten Mamuju. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 1–12




DOI: https://doi.org/10.24198/jebi.v13i2.2104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.