Formulasi Strategi Pemasaran Produk Keagenan Perbankan Syariah (Studi Kasus Bank Syariah Indonesia Regional Jakarta)

Safa Nur Safina Rachmi, Cupian Cupian, Yudi Achmad Faisal

Abstract


BSI Smart merupakan produk keagenan yang ada pada Bank Syariah Indonesia. Sejak diluncurkan pada tahun 2022 di Regional Jakarta, pertumbuhan jumlah agen terdaftar hingga saat ini memiliki pertumbuhan yang baik. Meskipun demikian, persebaran agen masih terhitung sedikit dibandingkan dengan produk keagenan bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pemasaran pada produk BSI Smart Bank Syariah Indonesia Regional Jakarta menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode analisis yang digunakan ialah matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) dan QSPM untuk menentukan strategi prioritas berdasarkan urutannya. Penelitian ini menghasilkan enam strategi, yaitu: 1) Pertahankan kualitas jaringan transaksi dan perluas kerjasama dengan koperasi pesantren; (2) Memberikan pemantauan kepada setiap agen BSI Smart secara intensif dan kontinu; (3) Melakukan pengembangan fitur transaksi secara rutin; (4) Menerapkan strategi personal selling; (5) Menerapkan strategi pemasaran above the line; dan (6) Konsisten dalam memberikan reward bagi agen yang mencapai target jumlah transaksi

Keywords


Strategi Pemasaran, BSI Smart, matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT dan QSPM

References


BSI. (2022). BSI Smart Agent. Www.Bankbsi.Co.Id.

https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/produk/1618199550bsi-smart-agent

Fred R. David, F. R. D. (2015). Strategic Management Concepts and Cases (15th ed.). Pearson. http://http//www.pearsonmylabandmastering.com

Mirzakhani, A., Turró, M., & Behzadfar, M. (2021). Sustainable regeneration strategies for the historical city centers of Iran using SWOT and QSPM models. Journal of Cultural Heritage Management and Sustainable Development. https://doi.org/10.1108/JCHMSD-02-2021-0022

OJK. (2015). Laku Pandai. Www.Ojk.Go.Id. https://www.ojk.go.id/id/Pages/LakuPandai.aspx

Rangkuti, F. (2006). Analisa SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wardana, I. M., Sukaatmadja, I. P. G., & Setini, M. (2022). Formulation of Business Strategies to Improve Business Performance by SWOT and SQSPM Approach in Era Pandemic: A Study on Culinary MSMEs. Quality - Access to Success, 23(188), 47–55. https://doi.org/10.47750/QAS/23.188.07

Yousuf, M. I. (2007). Using experts’ opinions through Delphi technique. Practical Assessment, Research and Evaluation, 12(4). https://doi.org/10.7275/rrph-t210

Zulkarnain, A., Wahyuningtias, D., & Putranto, T. S. (2018). Analysis of IFE, EFE and QSPM matrix on business development strategy. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 126(1). https://doi.org/10.1088/1755-1315/126/1/012062




DOI: https://doi.org/10.24198/jebi.v13i2.2103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.