Analisis Pengaruh Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Peningkatan Penjualan UMK Pasca Terbit Sertifikat Halal Melalui Skema Self Declare

Ronca Alianca, Cupian Cupian, Amelia Hayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap peningkatan penjualan umk pasca terbit sertifikat halal melalui skema self declare. Menggunakan pendekatan kuantitatif dan sampel sebanyak 110 responden umk. Pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, asumsi klasik, regresi linier berganda dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan baik secara parsial maupun simultan variabel sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel peningkatan penjualan.

Keywords


Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, Harga, Peningkatan Penjualan

References


(Undang-Undang Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.

Global Islamic Economy Report 2021/2022. (2022). State of the Global Islamic Economy Report 2021/2022. State of the Global Islamic Economy Report 2021/2022, 4–202. https://haladinar.io/hdn/doc/report2018.pdf

Jakiyudin, A. H., & Fedro, A. (2022). Sehati: Peluang Dan Tantangan Pemberian Sertifikasi Halal Gratis Bagi Pelaku Umk Di Indonesia. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 7(2), 182.

https://doi.org/10.24235/jm.v7i2.10666

Komite Nasional Keuangan Syariah. (2018). Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia 2019-2024. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 1–443. https://knks.go.id/storage/upload/1573459280-

Masterplan Eksyar_Preview.pdf Mahdi, M. I. (2022). Berapa Jumlah UMKM di Indonesia? Dataindonesia.Id.

https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia

Primatami, A., & Hidayati, N. (2019). Perkembangan Usaha Mikro Kecil (Umk) Di Provinsi Jawa Barat Tahun 2006 – 2016. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 21(3), 203. https://doi.org/10.33370/jpw.v21i3.350

Segati, A. (2018). Pengaruh persepsi sertifikasi halal, kualitas produk, dan harga terhadap persepsi peningkatan penjualan ahda segati.

Shaari & Arifin. (2010). Dimension of Halal Purchase Intention: A Preliminary Study.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Swastha, B. (1999). Manajemen Pemasaran Modern




DOI: https://doi.org/10.24198/jebi.v13i2.2100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.