ANALISIS INVESTASI APARTEMEN PUBLIK DI BAWAH MODEL KEMITRAAN PEMERINTAH SWASTA (KPS) UNTUK MENARIK INVESTOR DI INDONESIA

Erman Sumirat

Abstract


Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat. Namun pertumbuhan tersebut menyebabkan kelompok berpenghasilan rendah (LIG) tidak mampu membeli rumah karena harganya mahal. Pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menyediakan perumahan yang terjangkau bagi LIG meski tidak memiliki anggaran pemerintah. Kemitraan publik swasta (public private partnership / PPP) dapat dilakukan di mana sektor swasta mengembangkan bangunan campuran dan memainkan subsidi silang antara apartemen komersial dan publik di bawah jaminan pemerintah.Untuk menarik investor swasta, pemerintah harus menghitung analisis investasinya sehingga menghasilkan hasil yang layak. Makalah ini menggunakan proyek apartemen publik di Bandung sebagai studi kasus dengan menggunakan alat analisis investasi yaitu penganggaran modal serta manajemen risiko menggunakan matriks risiko dan analisis skenario terutama jika porsi kenaikan apartemen publik selama iklan.
Tolok ukur dari negara lain juga akan dijadikan referensi. Karena proporsi kenaikan LIG, hasil kelayakan seperti penurunan NPV dan IRR, sehingga subsidi dan insentif dari pemerintah dapat dibutuhkan. Makalah ini akan merekomendasikan jenis subsidi dan insentif untuk menutupi porsi LIG di Apartemen Umum agar proyek ini layak dan menarik bagi investor. Begitu model investasi ini berhasil, maka bisa dijadikan referensi untuk pengembangan apartemen umum lebih lanjut di bawah PPP di Indonesia.

Kata kunci: Analisis Investasi, Apartemen Umum, Kemitraan Publik Swasta, Penganggaran Modal, Manajemen Risiko


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.