ANALISIS PERBEDAAN KINERJA KEUANGAN DAN KEPUASAN BEKERJA SEBELUM DAN SESUDAH MENGGUNAKAN APLIKASI KEUANGAN TERPUSAT

Ika Komalasari, Siti Choeriyah, Endang Jamaludin, Irsyad Kamal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja keuangan kepuasan bekerja sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi keuangan terpusat di Universitas Padjadjaran serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh kinerja keuangan terhadap kepuasan bekerja sebelum penerapan aplikasi keuangan terpusat. Dalam pengelolaan keuangan terpusat, fakultas tidak lagi mengelola dana tetapi menerima barang yang sudah dipesan lewat Aplikasi Keuangan Terpusat dengan melampirkan data dukung dan persyaratan lainnya agar barang diterima sesuai jadwal kegiatan. Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif analisis dengan melakukan survei kepada staf keuangan, dan yang mewakili setiap unit di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi keuangan, dimana kelima dimensi yang berupa informativeness, information format, ease of use, timeliness, dan reliability, memiliki nilai p-value yang lebih kecil dari 0.05. Selain itu responden merasa terdapat perbedaan yang positif pada empat dimensi, yaitu informativeness, information format, timeliness, dan reliability, serta perbedaan yang negatif pada satu dimensi, yaitu ease of use. Serta responden merasa puas terhadap aplikasi keuangan, karena seluruh hasil analisis kepuasan dapat disimpulkan memiliki nilai di atas standar.

Keywords


Kinerja Keuangan; Kepuasan Bekerja; Aplikasi Keuangan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24198/jebt.v15i1.517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JEBT Stat