EFEKTIFITAS HARGA GANJIL TERHADAP SIKAP KONSUMEN

Arief Helmi, Vita Sarasi

Abstract


Abstrak

Terutama di pasar modern, penetapan harga psikologis dengan mencantumkan harga ganjil banyak dilakukan produsen atau pedagang, menjadi tantangan bagi penelitian pemasaran tentang bagaimana pengaruh penetapan harga ganjil dalam membentuk sikap beli konsumen. Penelitian telah dilakukan dengan mengumpulkan data primer melalui kuesioner secara online terhadap seratus konsumen yang dijadikan responden dengan fokus pada respon kognitif, afektif dan konatif. Kuesioner disusun dengan pengukuran skala sikap.  Hasil penelitian menunjukkan praktek harga ganjil terbukti efektif dalam membuat konsumen lebih memperhatikan produk yang ditawarkan, konsumen menyukai harga ganjil karena dianggap menarik dan menguntungkan, serta konsumen tertaruk untuk membeli produk dengan harga ganjil.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jebi.v11i2.1853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.