Penguatan Kompetensi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Kuliner

Wa Ode Zusnita Muizu, Umi Kaltum, Farhany Richas

Abstract


ABSTRAK

Digitalisasi merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi di telinga setiap kita. Digitalisasi di Indonesia dipercepat karena adanya pandemi COVID-19 (Coronavirus Disease) yang memaksa pihak yang tidak melek teknologi untuk dapat beradaptasi sehingga akan mempengaruhi dunia bisnis, terutama pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kuliner di Indonesia. Suatu UMKM kuliner perlu memiliki kompetensi digital terhadap digital marketing, seperti pengetahuan akan penggunaan platform jual-beli secara daring, pembuatan desain yang menarik, dan pengetahuan digital lain untuk mempertahankan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi digital marketing pada UMKM kuliner dalam memahami teknologi digital dalam kegiatan pemasaran terutama desain dan branding dan menelaah faktor-faktor yang dapat mendukung penguatan kompetensi digital marketing bagi pengembangan UMKM. Penelitian ini menggunakan data primer dengan objek penelitian dari UMKM kuliner yang diambil dengan metode survey, wawancara, dan dokumentasi secara hybrid. Hasil penelitian ini menunjukkan masih adanya ketidakefektifan dalam penerapan konsep digital marketing bagi pelaku UMKM kuliner yang diteliti, terutama dari sisi desain dan branding. Hal ini disebabkan oleh 3 faktor yang menjadi pemicu ketidakselarasan antara pemahaman pelaku UMKM kuliner yang diteliti dengan pengimplementasiannya. Faktor tersebut adalah dukungan pemilik, kesiapan, dan dorongan eksternal. Upaya peneliti dalam menjawab masalah yang dihadapi UMKM kuliner yang diteliti adalah memberikan pendampingan secara virtual yang berjudul “Design 101 : Dasar Desain Grafis yang Perlu Anda Ketahui!” pada Kamis, 27 Januari 2022 melalui aplikasi Zoom Meeting.

 

Strengthening Digital Marketing Competencies in Small and Medium-Sized Micro Businesses

 

 

 

ABSTRACT

Digitalization is something that is familiar to each of us. Digitalization in Indonesia is accelerated due to the COVID-19 pandemic (Coronavirus Disease) which forces non-tech literate parties to be able to adapt so that it will affect the business world, especially micro, small, and medium enterprises (MSMEs) culinary in Indonesia. A culinary MSME needs to have digital competencies towards digital marketing, such as knowledge of the use of online buying and selling platforms, making attractive designs, and other digital knowledge to maintain their business. This research aims to find out the competence of digital marketing in culinary MSMEs in understanding digital technology in marketing activities, especially design and branding and examine factors that can support the strengthening of digital marketing competencies for the development of MSMEs. This study uses primary data with research objects from culinary MSMEs taken with hybrid survey, interview, and documentation methods. The results of this study show that there are still ineffectiveness in the application of digital marketing concepts for culinary MSMEs studied, especially in terms of design and branding. This is due to 3 factors that trigger misalignment between the understanding of culinary MSMEs studied and their implementation. Such factors are owner support, readiness, and external encouragement. The efforts of researchers in answering the problems faced by culinary MSMEs studied is to provide virtual assistance entitled "Design 101: Basic Graphic Design That You Need to Know!" on Thursday, January 27, 2022 through the Zoom Meeting application.


Keywords


Digitalisasi, Digital Marketing, Usaha Kuliner, UMKM Kuliner, COVID-19

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jebi.v11i2.1849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.