PENGGUNAAN PLATFORM KEUANGAN DIGITAL SEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KULINER

Wa Ode Zusnita Muizu, Layyinaturrobaniyah Layyinaturrobaniyah, Azka Nadia

Abstract


ABSTRAK

Pengelolaan keuangan merupakan hal yang penting, tapi tidak mudah untuk dilakukan bagi sebagian orang. Padahal pengelolaan keuangan yang baik dan terencana akan memberikan manfaat dan membantu kita untuk mencapai tujuan hidup. Pengelolaan keuangan sangat penting dilakukan dalam suatu usaha termasuk penting juga dilakukan oleh para pelaku UMKM Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi tumbuh dengan sangat pesat.  Namun, berdasarkan hasil wawancara langsung yang dilakukan oleh tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) terhadap UMKM di daerah bandung dan jatinangor terdapat 57.7% UMKM yang melakukan pencatatan keuangan secara manual, sedangkan sisanya masih belum melakukan pencatatan keuangan.. Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Universitas Padjadjaran bermaksud untuk membantu dan memfasilitasi mitra UMKM kuliner di provinsi Jawa Barat dalam mengenali penguatan kompetensi digital, yaitu pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi pencatatan keuangan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengusaha UMKM kuliner dalam pemanfaatan media digital untuk terus mengembangkan usahanya. Metode pelaksanaan webinar ini dibagi menjadi beberapa tahap persiapan sebagai berikut : virtual coordinate meetings, observation, interview, documentation, dan webinar pendampingan dan pelatihan UMKM. Hasil dari kegiatan ini adalah mengetahui penerapan digitalisasi pada bisnis kuliner, yang fokus dan bentuknya sangat beragam, serta aplikasi pencatatan keuangan dalam pengembangan UMKM kuliner adalah sebagai efektivitas dalam melakukan pencatatan keuangan yang dapat meminimalisir kesalahan yang bisa terjadi jika dibuat secara manual.

 

 

USE OF DIGITAL FINANCIAL PLATFORM AS A CULINARY BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY

 

ABSTRACT

 

Financial management is important, but not easy for some people. Whereas good and planned financial management will provide benefits and help us to achieve life goals. Financial management is very important to do in a business, including MSME actors. Along with the times, technology is growing very rapidly. However, based on the results of direct interviews conducted by the Community Service (PPM) team to MSMEs in the Bandung and Jatinangor areas, there are 57.7% of MSMEs that do financial records manually, while the rest still have not made financial records. Community Service (PPM) University Padjadjaran intends to assist and facilitate culinary MSME partners in West Java province in recognizing the strengthening of digital competencies, namely financial management using financial recording applications that aim to increase the knowledge and ability of culinary MSME entrepreneurs in utilizing digital media to continue to develop their businesses. The method of implementing this webinar is divided into several preparatory stages as follows: virtual coordinate meetings, observation, interviews, documentation, and webinars for mentoring and training SMEs. The results of this activity are to know the application of digitalization to the culinary business, as well as the application of financial records in the development of culinary SMEs as an effectiveness in carrying out financial records that can minimize errors that can occur if made manually.


Keywords


PPM, Pengelolaan Keuangan, Aplikasi Pencatatan Keuangan, UMKM Kuliner

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/jebi.v11i2.1848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.